Pendidikan Fitrah Seksualitas Sejak Dini

Hari kedua tantangan level 11. Waw, keren sekali memang persiapan dan presentasi kelompok 2. 

Alhamdulillah bisa bergabung sebentar tadi, walaupun sedang di abang ojek online. Hehe.. Kelompok 2 benar benar mempresentasikan tujuan utama yang ingin dicapai pada pendidikan fitrah seksualitas, yaitu:

  1. Membuat anak mengerti identitas seksualnya.
  2. Mengenali peran seksualitas yang ada pada dirinya
  3. Mengajarkan anak untuk melindungi dirinya dari kejahatan seksualitas

Kemudian diskusi berlanjut pada, apa akibat ketika anak tidak atau terlambat mengetahui fitrah seksualitas? Dan kembali jawaban mengerucut pada melunasi hutang pengasuhan.

Kemudian saya berpikir keras, dan berharap semoga menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak kami. Aamiin.

Pembahasan dilanjutkan dengan contoh pengajaran fitrah seksualitas.

Pada diskusi ini, beberapa mahasiswi Bunda Sayang #4 Kelas depok – Tangsel terlihat mulai galau dalam hal pemisahan kamar buat anandanya. 

Setelah selesai diskusi, semakin istighfar dan semoga kami diberi kesempatan dan kemampuan menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak yang dititipkan kepada kami. Aamiin. Berikan kami kesempatan itu ya Allah.

Salah satu solusi nya ketika pemisahan kamar adalah, bisa disekat saja, tidak harus kamar sendiri dulu. Jika keadaan kurang memungkinkan maka dibedakan tempat tidur, dan jika masih satu tempat tidur memakai selimut sendiri.

Figur ayah dan Ibu harus hadir penuh.

Termasuk dalam prioritas keluarga kami untuk bisa mendidik anak semaksimal mungkin, menyediakan waktu sebanyak mungkin dan juga berkualitas.

Saya selalu menekankan

“There is no quality time without quantity time.”

Harus lebih banyak lagi dalam mencari referensi pendidikan dalam keluarga berbasis nilai-nilai yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Dalam hal ini hal yang mungkin bisa dilakukan adalah mengingat kembali peran wanita dalam keluarga, apa saja?

Dalam buku Merawat Fitrah Anak Perempuan dikatakan bahwa poin penting mendidik anak perempuan adalah dengan tujuan menjadikan sebagai Ibu Pendidik dan Wanita Shalihah. Bahkan pahala jihad seorang laki-laki bisa didapatkan ketika seorang istri menunaikan tugasnya dalam rumah dengan ikhlas.

Masya Allah.

Setelah materi ini, saya teringat punya buku bagus yang perlu dibaca yaitu Fitrah Based Education.

#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayang

Leave a Reply