Menstimulasi Kecerdasan Finansial Sejak Dini

Diskusi yang cukup berat untuk kelas Bunda Sayang. Banyak istilah keuangan muncul.

Kecerdasan finanSial menjadi salah satu yang harus diperbaiki bagi saya sendiri. Sungguh tantangan yang cukup berat.

Untuk anak di usia sekitar 2 tahun, saya masih bingung. Kebingunan ini mengantarkan saya ke mbah Google. Wkwkwk..

Dan menemukan inspirasi dari artikel berikut:

Dorothy Singer, Ed.D, Ilmuwan peneliti senior di Yale University di New Haven, AS, mengatakan jika pada anak usia 2-3 tahun, memang belum mengenal nilai besar-kecil dari uang dan barang, namun ia sudah mulai bisa mengenal ukuran besar kecil suatu benda. Misalnya bila Anda menyodorkan benda berukuran kecil, sedang, dan besar. Kemungkinan anak akan memilih benda yang berukuran besar.
Si kecil juga sudah mulai bisa dikenalkan fisik uang, seperti nama, warna, ukuran dari koin. Anda bisa mengajak si kecil bermain mengenal uang koin dengan mencocokkan warna serta ukuran, dan membuatnya sendiri, Moms. Tapi ingat, jangan buat koin berukuran terlalu kecil, karena bahaya anak bisa menelannya.
Selain itu, si kecil juga mulai menyukai permainan pura-pura jual-beli, Moms. “Si kecil akan jadi mengerti fungsi dari uang, yaitu untuk menggantinya dengan barang yang kita inginkan. Dengan demikian, ia sedang belajar prinsip dasar dagang,” kata Singer.

Sumber : https://kumparan.com/@kumparanmom/tahapan-usia-pengenalan-uang-pada-anak-27431110790549474

Dari artikel di atas, selain saya menyiapkan dompet untuk 3 S, sepertinya ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Kegiatan itu antara lain:

  1. Penekanan syukur atas rejeki dengan cerita
  2. Bermain peran untuk transaksi jual beli
  3. Perbandingan uang koin

Adakah yang bisa memberi inspirasi lagi?

Leave a Reply